Selasa, 30 April 2013

Satelit NASA Tampilkan Gunung Meletus di Indonesia

Satelit NASA Tampilkan Gunung Meletus di Indonesia
Headline
INILAH.COM, Washington - Asap dan abu vulkanik dari Gunung Paluweh di Nusa Tenggara Timur tertangkap dalam gambar dari luar angkasa pada 12 Februari lalu oleh satelit pengamat Bumi EO-1 milik NASA. Seperti apa?
Gunung berapi dengan jenis strato yang juga dikenal dengan nama Gunung Rokatenda ini meletus pada 2 dan 3 Februari 2013, mengirimkan gas dan uap superpanas dan juga batuan yang disebut piroklastik berupa arus ke laut di sekitarnya.
Arus berwarna abu-abu kecoklatan ini terlihat dalam gambar yang ditangkap oleh alat Advanced Land Imager (ALI) dari satelit NASA tersebut. Puing-puing juga terlihat mengalir ke laut, demikian diwartakan Livescience.
Gunung Paluweh atau Gunung Rokatenda, adalah gunung berapi di Pulau Palu'e, sebelah utara Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Gunung ini merupakan lokasi tertinggi di Pulau Palu'e dengan ketinggian 875 meter.
Sebagian besar pulau tetap tertutup tanaman hijau, tetapi abu yang dikeluarkan selama letusan telah menghancurkan banyak tanaman di pulau tersebut, seperti dilaporkan Earth Observatorium NASA.
Menurut laporan VolcanoDiscovery, pulau ini memiliki sekitar 10 ribu orang di delapan desa. Beberapa d iantara desa tersebut terancam oleh letusan.
Laporan tersebut mengutip sebuah analisis yang diterbitkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM RI yang menyimpulkan letusan telah menyebabkan runtuhnya sekitar 25% dari volume kubah gunung berapi atau sekitar 1 juta meter kubik.
Jika volume kubah tersebut terus muncul, di kemudian hari dapat mengirim arus batuan piroklastik ke desa-desa di sekitarnya. Terakhir kali gunung ini meletus yaitu pada tahun 1985.
Sejak bulan oktober 2012, gunung berapi ini telah mengirimkan peringatan berupa peningkatan jumlah gempa bumi kecil dan abu vulkanik. [ikh]

0 komentar:

Posting Komentar